Latest Music :

Jumat, 07 Desember 2012

MATEMATIKA ITU UNIK



Matematika tidak seharusnya menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Sebenarnya matematika sangatlah mengasikkan dan dapat digunakan sebagai alat permainan. Hal ini dikarenakan karena matematika merupakan mata pelajaran yang unik Seperti halnya soal matematika berikut ini:
Budi merupakan siswa SMP kelas IX, dia mendapat tugas memindahkan sebuah batu seberat 5 ton tanpa menggunakan alat bantu. Hitunglah waktu yang diperlukan Budi untuk memindahkan batu tersebut dari halaman depan ke halaman belakang sekolah, bila diberikan petunjuk berikut.
Petunjuk:
Waktu yang diperlukan Budi berjalan dari halaman depan sampai halaman belakang sekolah:
a.       Tanpa beban : 2 menit
b.      Beban 10 kg : 3 menit
c.       Beban 20 kg : 4 menit
d.      Beban 30 kg : 5 menit
e.       Beban 40 kg : 6 menit
f.       Beban 50 kg : 7 menit
Jawaban:
Jarak perpindahan batu dari halaman depan ke halaman belakang sekolah adalah 100 meter
5 ton = 5.000 kg
Budi seorang siswa SMP kelas IX bahkan orang dewasa sekalipun tidak akan mampu memindahkan batu seberat 5.000 kg sejauh 100 m tanpa alat bantu. Oleh karena itu Budi tidak mungkin melaksanakan tugas memindahkan batu tersebut, maka waktu yang diperlukan Budi untuk memindahkan batu adalah 0 detik.
Alasannya adalah karena Budi sadar bahwa seberapa besar dia berusaha memindahkan batu, batu tersebut tidak akan mungkin bisa berpindah tempat, Sehingga Budi tidak perlu meluangkan sedikitpun untuk melakukan tugas memindahakan batu tersebut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Je tomber foie - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger